Xavi: Liga Super China Alternatif Liga Elite Eropa, Ambil Saja Para Pemain Bintang!

Namun, liga tersebut justru mendapatkan dukungan dari Xavi Hernandez. Legenda Barcelona tersebut menyatakan, Liga China justru bisa menjadi alternatif dari liga elite Eropa seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, atau Liga Italia. Dengan demikian, para pemain bintang tidak hanya menuju satu tempat saja.
Terobosan besar Liga Super China memang diyakini oleh sebagian kalangan cukup mengganggu keseimbangan. Pasalnya klub-klub liga tersebut seperti tidak punya batas dalam memburu pemain. Segudang bintang didatangkan, termasuk mereka yang sebenarnya masih bisa bertarung di kompetisi Eropa, belum tergerogoti usia. Dengan uang yang melimpah, klub-klub Liga China memang sangat menggoda.
Menurut Xavi, tidak selamanya Liga Super China dipandang sebagai masalah. Justru sebaliknya, upaya mereka menggoyang keseimbangan, penting. Xavi menilai, upaya China ini menunjukkan keseriusan mereka menantang dominasi Eropa selama ini. Dengan demikian, sepakbola bakal berkembang jauh di kawasan Asia pula, bukan hanya dikuasai oleh tim-tim Eropa saja.
Kepada The Sun, Xavi menuturkan, China kini harus diperhatikan sangat serius. Sekian lama, selalu saja Eropa menjadi satu-satunya tujuan bagi pemain terbaik dunia.

China menunjukkan bahwa mereka siap berbisnis, dan mereka memiliki finansial untuk menarik para pemain terbaik Eropa. Mereka sudah memiliki banyak pemain hebat (yang didatangkan), tapi tampaknya mereka baru saja memulai upaya itu. Ini bagai pemanasan.
Kita sudah melihat beberapa pemain bergabung ke MLS, tetapi biasanya mereka mendekati akhir karier. Yang dilakukan China saat ini sangat berbeda, karena mereka membuhuk pemain top yang tengah berada di puncak karier. Gaji yang ditawarkan klub China, tak bisa disaingi klub-klub Eropa, dan hal ini membuat China menjadi tujuan utama bagi pemain terbaik.
Xavi menambahkan, Sekian lama kita terbiasa berpikir bermain di salah satu dari empat atau lima liga elite Eropa, dan bertarung di Liga Champions. Tapi jika China serius menciptakan liga yang kompetitif dengan pemain dan pelatih hebat, maka Eropa bisa jadi bukan satu-satunya opsi lagi untuk semua yang terbaik.

talkfusion-erfolg.com agen domino Sumber: Sidomi