Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Negara? Klub Eropa: Ini Permainan Politik!

Bahkan FIFA berencana, kompetisi ini bukan hanya dibengkakkan dengan peserta 40 tim, tetapi kemungkinan 48 tim. Namun baru saja idilontarkan, ide tersebut langsung mendapatkan tentangan dari European Club Association (ECA). Mengapa ditolak?
Bukan rahasia lagi, penambahan kuota peserta Piala Dunia adalah janji Gianni Infantino saat kampanye menjadi presiden FIFA. Oleh karenanya, kini ketika ia sudah terpilih, Infantino berusaha mewujudkan janji tersebut. Bahkan ia berharap pada Piala Dunia 2026 nanti, akan ada 48 tim di putaran final Piala Dunia, yang berarti 16 tim lebih banyak dari sekarang.
Namun, ECA menegaskan, bahwa mereka tidak sepakat dengan rencana FIFA ini. ECA yang anggotanya adalah klub-klub elite Eropa, menilai, penambahan kuota tersebut justru merusak kualitas pemain mereka. Sebagai klub yang menggaji pemain dan menjaga kemungkinan mereka dari cedera, ECA merasa penambahan itu justru berbahaya. ECA pun merilis pertanyaan seperti di bawah ini.
ECA menentang ekspansi peserta Piala Dunia seperti yang diusulkan oleh FIFA. Presiden FIFA Gianni Infantino baru-baru ini membuat proposal yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah negara yang berpartisipasi di Piala Dunia. Menurut proposal tersebut, ekspansi ini diharapkan dapat berlaku pada Piala Dunia 2026.

Jumlah pertandingan yang dimainkan sepanjang tahun sudah mencapai tingkat yang tidak dapat diterima, khususnya untuk pemain timnas sebuah negara. Oleh karenanya, Exco ECA menolak inisiatif FIFA; dan sudah resmi mengirimkan surat kepada Gianni Infantino agar FIFAtidak meningkatkan jumlah peserta di Piala Dunia mendatang.
Ketua ECA Karl-Heinz Rummenigge, menilai penambahan peserta Piala Dunia ini lebih bermotif politik, mengingat janji Infantino sebelumnya.
Ia menyebut, Kita harus fokus pada (unsur) olahraga lagi. Politik dan dagang tidak layak menjadi prioritas eksklusif di dunia sepak bola. Demi kepentingan para fans dan para pemain, kami mendesak FIFA untuk tidak menambah jumlah peserta Piala Dunia.

talkfusion-erfolg.com www bola88 com Sumber: Sidomi