Facebook, eBay, Amazon Dan Google Buat Asosiasi Lobi Perdagangan

Empat perusahaan besar internet , Google , Amazon , eBay , Facebook dan perusahaan internet besar lainnya mulai membentuk asosiasi lobi perdagangan untuk menangani isu-isu politik dan peraturan yang terjadi di Washington. Asosiasi yang akan dibentuk oleh perusahaan besar internet ini dikabarkan akan mulai beroperasi pada bulan September mendatang. Asosiasi ini akan bertindak mewakili suara perusahaan internet dalam menghadapi isu-isu politik dan kebijakan di Washington. Sumber terdekat mengatakan bahwa tak hanya Google , Amazon, eBay dan Facebook saja, namun juga perusahaan internet lain, hanya saja 4 perusahaan tersebutlah yang paling terkenal. Perusahaan internet tersebut telah melakukan berbagai lobi terkait berbagai isu berbeda yang terjadi seperti mengurangi pembatasan visa untuk menyewa insinyur, repatriasi pendapatan, privasi, keamanan cyber dan masalah pajak penjualan perusahaan-perusahaan internet. “Kami ingin mendidik (anggota parlemen) tentang dampak Internet di distrik kongres mereka. Pada bulan September, kami akan melakukan peluncuran penuh dan mengumumkan perusahaan serta mengumumkan posisi kebijakan.” kata Presiden Michael Beckerman, mantan penasehat ketua Dewan Energi Amerika Serikat. Google dan Facebook telah terus melakukan lobi ke pemerintahan federal. Google , raksasa internet sekaligus mesin pencari nomor satu di dunia telah melakukan lobi ke pemerintahan federal sebesar 90% dan menghabiskan dana hingga USD $3,9 juta pada kuartal kedua untuk melobi kongres AS, Gedung Putih dan berbagai lembaga federal lainnya. Facebook , Raksasa jejaring sosial terbesar di dunia ini juga giat melakukan lobi ke lembaga federal dan telah menghabiskan dana sebesar USD $ 960.000 untuk melobi masalah privasi online dan reformasi imigrasi. Sementara itu, situs lelang online, EBay menghabiskan USD $ 400.600 dolar untuk lobi pada kuartal kedua, naik sekitar 10 persen dari kuartal yang sama tahun 2011. Upaya lobi yang difokuskan pada pembajakan dan pemalsuan, polusi udara dan repatriasi pendapatan. Toko online Amazon menghabiskan $ 690.000 pada kuartal kedua, naik sekitar 25 persen dari kuartal kedua tahun 2011. Lobi difokuskan pada isu-isu pajak penjualan, privasi dan iklan.

Sumber: Sidomi